MASIGNALPHA102
2204480044298715660

Sofware Disain Grafis Yang Cukup Powerfull Untuk Bisa Menggantikan Corel Draw

Sofware Disain Grafis Yang Cukup Powerfull Untuk Bisa Menggantikan Corel Draw
Thursday, February 28, 2019

Dalam dunia desain grafis siapa sih yang tidak mengenal Corel, terutama Corel Draw. Corel Draw ibarat buku gambar dengan pensil warna yang lengkap.

Penulis walau bukanlah seorang disain grafis, tapi gemar membuat corat-coret di Corel Draw. Untuk membuat beberapa gambar sederhana juga logo sederhana.

Tapi seperti kebanyakan pengguna aplikasi software di Windows, hampir kebanyakan adalah bajakan.

Penulis sudah menggunakan Corel Draw yang sudah terinstal bertahan-tahun lalu. Tapi akhirnya setelah saya memulai lagi kegiatan menggambar, Corel di laptop akhirnya terindikasi Ilegal.

Dampaknya adalah file yang sudah penulis buat tidak bisa di ubah lagi, karena beberapa fitur save, export nya sudah didisable. Kita hanya bisa menpreview hasil kerjaan kita, mengubah, tanpa bisa menyimpanya, atau mengekspor dalam bentuk file lain.

Bagaimana solusi nya?

  • Solusi pertama, kita bisa membelinya secara resmi. Yup kita bisa membeli software ini secara resmi agar lebih nyaman menggunakan nya dan tentunya halal. Tapi lihat harganya senilai US$334,00 yang dalam rupiah sekitar Rp4.676.000, untuk kurs Dolar Rp14.000, hari ini, ampun dah. Buat beli domain saja masih yang termurah.
  • Solusi kedua, kita cari lagi cracknya agar bisa digunakan kembali. Iya ini solusi terbaik dalam menggunakan corel gratis. Tapi kita harus ngubleg-ngubleg lagi buat mencari file cracknya dibelantara situs website. Belum instalasinya trial and error, jika ketahuan Corel lagi, pasti didisable lagi, belum hal lainnya. Dari pada beresiko mending sudahlah bye Corel.
  • Solusi ketiga, kita bisa menggunakan sofware lain sejenis yang mempunyai fitur mirip Corel. Nampaknya penulis bakal menggunakan cara ini. Kita bakal menggunakan Software gratisan sebagai pengganti Corel Draw. Tentunya lebih halal.
Inkscape

Inkscape adalah sebuah software editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Sofware ini bersifat gratis, jadi kita bebas menggunakannya. Inkscape juga tersedia untuk Mac OS, Linux dan Windows.

Dari tampilan software ini memiliki fitur yang cukup lengkap, sekilas hampir mirip Corel. Tapi selama penggunaan penulis masih mengalami kesulitan untuk adaptasi. 

Padahal penulis cuman mencari fitur Crop saja belum ketemu. Tampaknya memang harus membiasakan diri, tapi untuk saat ini penulis masih belajar. Software ini terlihat sangat menjanjikan.
Jika kalian tertarik mempelajarinya silahkan mampir dan download gratis ke alamat websitenya.

Gravit Designer
Gravit Designer adalah simulator gravitasi untuk pengolahan grafis gratis dan sumber terbuka yang didistribusikan di bawah Lisensi Publik Umum GNU . Program ini tersedia untuk semua sistem operasi , termasuk Linux dan lainnya Unix-seperti sistem, Microsoft Windows dan Mac OS X. Sama seperti Inkscape. Gravit menggunakan algoritma Barnes-Hut untuk mensimulasikan masalah n -body, kurang lebih begitu.

Menurut penulis software ini memiliki tampilan yang menarik. Saat awal menggunakan masih meraba-raba, tapi akhirnya penulis mulai terbiasa. Walaupun hanya digunakan untuk Crop gambar, membuat Watermark, export gambar, tapi cukup membantu.
Pada halaman awal kita akan diberi pilihan membuat disain untuk berbagai keperluan, dengan format A4, Blog Cover, Facebook Cover, iPhoneX dan lain-lain. Kita juga bisa mengcustom sesuai keinginan kita. Software ini sebenarnya cukup powerfull. Banyak hal yang bisa diulik, tapi karena software ini sifatnya Trial. Hanya bisa digunakan selama 15 hari saja, penulis tidak akan mendalaminya lebih jauh.

Kesimpulannya >>
  1. Kedua Software ini sangat baik, tapi pemulis lebih mengunggulkan Gravit Designer, karena kemudahan penggunaannya. Kekurangannya adalah kita hanya bisa menggunakan pada masa Trial saja, sisanya kita harus membeli. Satu lagi Gravit Designer kurang begitu responsif di laptop penulis, mungkin karena UI nya. Selain laptop penulis yang memang dah jadul.
  2. Selanjutnya Inkcape sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar, katena tool-toolnya yang nampak lebih familiar seperti di Corel. Namun penulis butuh waktu untuk mempelajarinya. Untuk pemakaian jangka panjang penulis lebih merekomendasikan Inkcape. Tinggal luangkan waktu sedikit untuk belajar.

Itulah 2 Sofware Disain Grafis Yang Cukup Powerfull Untuk Bisa Menggantikan Corel Draw  yang menurut penulis cukup baik. Saat ini penulis masih bisa menggunakan Corel Draw yang beberapa fiturnya didisable untuk menggambar. Sisanya kita edit di software lain.

Penulis bisa merasakan bagaimana sulitnya membuat sebuah software, makanya pelan-pelan kita akan migrasi menggunakan software yang benar-benar gratis, kalau punya uang kita bisa beli.

Kedepan nanti penulis bakal mencoba beralih dari Windows. Mungkin nanti kita bisa share ya pengalaman menggunakan OS selain Windows seperti Linux, tentunya yang user friendly.

Semoga bermanfaat (kunjungi juga artikel kami Sudah Punya Blog, Harus Mulai Dari Mana Dulu, Enaknya Nulis Apa?), salam dari kami, terima kasih.
Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.

  1. Makasih infonya gan, memang inkscape salah satu solusi untuk para desainer yg tidak punya modal beli yg ori. :D

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya gan, kebetulan banget laptop gak kuat pake corel, mana tau pake inkscape kuat. tips seo cepat page one

    ReplyDelete
  3. Wah, sepertinya perlu coba software ini. Bisa jadi alternatif Corel nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan... harus bisa lepas dari corel...😅

      Delete
  4. Kalo saya biasa pake photoahop kalo gak corel gan, tpi yaa bajakan semua :v
    Harus coba ni yg gratis tpi fitur hamoir sama kaya corel and PS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mulai pakai gratisan aja gan...capek nyari cracknya...he

      Delete
  5. Makasih tutornya mas sangat jelas sekali. Kunjungi juga yak www.tanyainfo.com

    ReplyDelete
  6. sama mas saya juga kadang desain pake gravit karena simple g ribet yang penting gratisss...

    ReplyDelete