MASIGNALPHA102
2204480044298715660

Kisah Ajaib Dan Nuansa Pedesaan, Ulasan Dan Review My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro-1988)

Kisah Ajaib Dan Nuansa Pedesaan, Ulasan Dan Review My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro-1988)
Monday, March 4, 2019

Karakter menggemaskan Totoro ini sering kita lihat dimana-mana, tapi sering kita tidak tahu dari mana asalnya. Sebenarnya penulis sudah lama ingin menonton film ini, tapi baru kesampain baru-baru ini. Setelah maraton menonton Whisper of the heart (Mimi Wo Sumaseba-1995), penulis lanjut menonton film ini. Ketika menonton Anime Totoro ini rasanya ceritanya lebih mengalir, mungkin karena penulis terhipnotis oleh susasana pedesaan pada masa itu yang begitu otentik. Yang penulis sendiri sempat mengalaminya.

Bagaimana dengan cerita Tororo?
Kisah anime ini dimulai dengan sebuah keluarga yang pindah kedesa pertanian dekat kota Tokorozawa, nampaknya keluarga ini berasal dari kota. Lalu cerita berpusat kepada Satsuki bocah berumuir 10 tahun dan adiknya Mei yang berumur 4t ahun, mereka tinggal bersama Ayahnya, sedang ibunya dirawat untuk melakukan pemulihan di Rumah Sakit kota Hachikokuyama.

Satsuki dan Mei merupakan anak yang ceria dan selalu tertarik dengan hal-hal baru. Saat mulai menempati rumah mereka menemukan segerombolan hantu yang bentuknya mirip bulu babi(binatang laut) yang mulai terusik dengan kehadiran mereka. Hantu disini bukanlah hantu yang menyeramkan melain hantu baik dan menggemaskan.

Menurut Nenek Kanta hantu itu bernama "Susuwatari", mereka bukanlah hantu yang mengganggu mereka akan pergi jika sudah ada penghuni di tempat mereka. Karena di desa sepertinya sudah biasa dengan hal-hal seperti itu. Mirip sekali dengan kisah-kisah di desa penulis.
Singkat cerita Mei yang bermain sendiri di pekarangan menemukan Makhluk aneh lalu dia mengikutinya sampai akhirnya dia bertemu dengan Tororo. Tororo adalah makhluk ghaib yang besar lucu dan baik hati. Lalu Mei mengenalkannya dengan kakaknya Satsuki dan akhirnya mereka berteman lalu hidup berdampingan.

Selama film berlangsung penulis tidak lepas dari suasanya pedesaan yang begitu nyata, ada momen dimana Nenek Kenta mengantarkan Mei kesekolah karena tidak ada yang menjaga. Penulis jadi teringat Kakek yang dari Sawah, mengantarkan Adik penulis ke sekolah karena Adik ingin ikut Penulis. Karena takut Guru marah akhirnya Penulis menyembunyikan Adik dibawah bangku.
Film ini memperlihatkan kehidupan desa yang sangat bersahaja, saling tolong-menolong, gotong-royong. Kasih sayang keluarga, bagaimana kita hidup berdampingan bersama-sama walaupun dengan makhluk yang bukan dari dunia kita. Ada momen juga ketika Kenta menggenjot sepeda kumbang, penulis seketika terbawa ke masa kecil.
Dalam film ini penulis menemukan keajaiban dari dunia studio Ghibli yang penulis cari. Imajinasi tanpa batas yang membawa kita masuk kedalamnya. Pantas sekali karakter Totoro menjadi Icon Studio Ghibli yang membawa semangat keajaiban didalamnya. layak sekali film ini ditonton, terutama bersama keluarga, agar memperkenalkan anak kita kehidupan di desa yang begitu indah dan damai. Itulah ulasan dan review dari kami, rasanya penulis masih terbawa suasana desa. semoga bermanfaat, terima kasih.


Informasi tambahan : My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro), adalah sebuah film animasi produksi  Studio Ghibli yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan dirilis ke teater oleh Toho (Jepang) pada tanggal 16 april 1988, lalu mendapatkan rilis ulang di Troma Films (1993 dengan Inggris dubbing), dan selanjutnya Disney (2006).

Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.

  1. Seperinya, kalau mau baca ulasan kartun di sini saja. Sangat menarik.

    ReplyDelete
  2. sepertinya tonari no totoro ini menarik, ada rekomendasi anime yang related dengan totoro ini kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada sis, sprinted away bagus, rata-rata anime produk studi ghibli bagus bagus...

      Delete
  3. Mampir juga gan bahas review juga :) https://animeloversnew.blogspot.com/

    ReplyDelete