MASIGNALPHA102
2204480044298715660

Sekedar Nostalgia, Mengulang kembali Film Kamen Rider J

Sekedar Nostalgia, Mengulang kembali Film Kamen Rider J
Sunday, March 3, 2019
Kamen Rider J adalah Movie Kamen Rider setelah Kamen Rider ZO. Movie Kamen Rider ini merupakan Kamen Rider transisi antara era Showa dan Heisei. Penulis sengaja menonton kembali film ini karena nostalgia saja waktu kecil, juga ingin menilai bagaimana kualitas ceritanya saat menonton ketika dewasa.

Cerita dimulai dengan Munculnya alien yang akan menguasai Bumi yang bernama Fog(Mother Fog). Untuk membangkitkan kekuatannya mereka harus memberikan persembahan dengan salah satu makhluk bumi. Setelah mencari mereka menemukan makhluk bumi yang cocok, yaitu Kimura Kana yang adalah adik Kouji Segawa (Kamen Rider J). Seketika para alien menyerang mereka, lalu menculik Kana. Sedang Kouji sendiri dibunuh oleh salah satu monster alien dan dilempar kejurang.

Akhirnya jasad Kouji ditemukan oleh belalang yang merupakan roh suci, Souji diselamatkan oleh roh bumi dan dihidupkan kembali menjadi Kamen Rider J. Dengan kekuatan Kamen Rider J Kouji berusaha menyelamatkan Adiknya dan Menghancurkan organisasi alien tersebut.

Itulah inti cerita dari Kamen Rider J, klise sekali dan terlalu dipaksakan. Tapi dengan durasi film hanya 45 menit wajar jika sutradara berusaha memadatkan cerita. Latar belakang Kouji pun tidak jelas, dia hanya gemar memotret. Mungkin dari situ kita bisa menebak bahwa dia memiliki pekerjaan sebagai fotografer. Juga hubungan dengan adiknya yang tiba-tiba ada dihutan tidak dijelaskan.

Sedikit informasi dari Alien Monster ini bahwa jutaan tahun yang lalu mereka pernah datang ke bumi dan menguasai bumi dengan memakan semua dinosaurus. Artinya dinosaurus punah bukan karena meteor jatuh, tetapi karen dimakan alien. Lalu mereka kembali karena menemukan bahwa bumi kembali dihuni banyak makhluk hidup seperti manusia.
Anehnya mereka datang dengan hanya bermodal telur monster, yang jika diberi persembahan manusia mereka akan menetas dan menyebar ke seluruh dunia.

Sebenarnya penulis tidak harus berfikir banyak ketika menonton film ini. Karena film ini salah satu sasarannya adalah anak-anak, dan penggemar Kamen Rider. Toh apapun ceritanya penulis juga akan menonton film ini. Yang menjadi favorit penulis adalah disain Kamen Rider J, ciri khas Kamen Rider era Showa mengambil disain Serangga terutama Belalang. Mungkin karena disain belalang mengikuti kesuksesan Kamen Rider Black dan RX. Dan yang unik dari Kamen Rider J adalah selain tidak punya Belt, dia bisa menjadi Raksasa.

Penulis menilai film Kamen Rider ini hanya lah hiburan Superhero untuk anak-anak, karena cerita yang sederhana. Sebagai penggemar serial Kamen Rider penulis hanya menyukai karakternya saja, itu alasan yang bagus untuk menonton film ini. Juga film ini adalah hiburan untuk penggemar yang mengisi kekosongan serial Kamen Rider setelah Black RX. Walaupun film ini untuk anak-anak, entah kenapa Kamen Rider ini memiliki element yang kelam dan lebih serius. Hal ini juga menjadi ciri khas Kamen Rider era Showa lainnya. Ini juga bisa menjadi point plus untuk menarik penonton Dewasa.

Yup itulah ulasan dari penulis, mengkin nanti penulis bakal menonton Kamen Rider lainnya agar bisa menilai lebih jauh. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.