MASIGNALPHA102
2204480044298715660

Ulasan Dan Review Anime Whisper of the Heart (Mimi wo Sumaseba-1995), Membuktikan Impian

Ulasan Dan Review Anime Whisper of the Heart (Mimi wo Sumaseba-1995), Membuktikan Impian
Sunday, March 3, 2019
Selesai juga menonton film ini Whisper of the Heart, anime bergenre drama romantis slice of life ini merupakan anime produksi studio Ghibli tahun 1995, lumayan film lama. Penulis menonton film ini karena rating yang cukup bagus di IMDB.
Anime ini berkisah tentang Shizuku seorang siswi SMP berumur 14 tahun di SMP Mukaihara yang suka sekali membaca, menurut penulis bukan kutu buku karena dia juga mempunya masalah belajar di sekolah.
Dia gemar membaca satu buku yang ternyata sering dipinjam juga oleh salah satu Siswa di Sekolah. Saat melihat catatan lembar pinjaman dia melihat satu nama yaitu Seiji Samasawa. Dan buku inilah yang membuat mereka kontak bicara untuk pertama kalinya, walaupun bukan pengalaman menyenangkan bagi Shizuku.
Kisah berlanjut saat Shizuku menemukan seekor kucing, lalu dia mengikutinya dan akhirnya dia menemukan sebuah toko barang antik yang dijaga oleh Shiro Nishi. Di toko tersebut dia melihat patung kucing yang bernama "Baron", dari sinilah cerita mulai terbuka.

Sebenarnya penulis sempat tertidur pas menonton film ini, bukan karena ceritanya, tapi karena memang alurnya yang lambat menurut penulis. Ga kebayang orang Jepang sono bisa menontonnya sampai habis, tapi memang film Jepang rata-rata alurnya lambat. Setelah terbangun penulis melanjutkan menonton.

Lanjut, kisah berlanjut ke interaksi antara Shizuku dan Seiji, mereka berdua akhirnya berteman dan kedua anak ini memiliki impian yang ingin dicapai. Shizuku yang ingin menjadi penulis dan Seiji yang suka membuat biola ingin menjadi master luthier. Melalui bimbingan Shiro Nishi mereka berdua berusaha menggapai mimpinya.
Setelah berbagai pertemuan Seiji berpamitan kepada Shizuku untuk pergi ke Cremona, Italia selama dua bulan untuk magang sebagai pembuat biola. Dan Shizuku akhirnya memutuskan untuk menguji kemampuannya menulis, sesuai arahan Nishi dia akan menulis mengenai The Baron dan Nishi yang akan menjadi pembaca pertamanya.

Saat menonton Film anime hal yang pertama penulis soroti adalah visual grafis dari film tersebut. Seperti biasa Anime produksi Studio Ghibli selalu nampak lebih hidup, detil-detil yang ada dalam kehidupan sehari-hari sangat terasa. Awal menonton penulis sebenarnya menghapakan unsur keajaiban khas studio Ghibli dalam cerita ini. Walaupun akhirnya tidak ada, namun unsur imajinasi dalam anime ini tetap ditampilkan saat Shizuku bersama Baron terbang mengarungi sebuah dimensi planet. Cukup menggembirakan adegan tersebut.
Yang menarik juga bukan hanya mengenai hubungan Shizuku dan Seiji, melainkan seputar keluarga Shizuku yang ditampilkan sangat kekeluargaan. Apalagi orang tua Shizuku, Asako dan Seiya saat menghadapi kedua anaknya, Shizuki dan kakaknya Shiho. Juga persahabatan antara Shizuku dan Yuko Harada yang sangat alami.

Banyak pesan moral yang bisa diambil dari Anime ini, Untuk meraih impian banyak hal yang harus diperjuangkan. Dengan alur yang lambat, penulis tetap menikmati anime ini. Dengan cerita yang indah dan menyenangkan penulis tetap merekomendasikan anime ini. Itulah ulasan dari kami, semoga bermanfaat.

Sedikit informasi : Whisper of the Heart ( Mimi wo Sumaseba ) adalah film drama romantis animasi Jepang tahun 1995 yang disutradarai oleh Yoshifumi Kondō dan ditulis oleh Hayao Miyazaki berdasarkan manga buatan tahun 1989  dengan judul yang sama oleh Aoi Hiiragi . Film ini dianimasikan oleh Studio Ghibli untuk Tokuma Shoten , Nippon Television Network dan Hakuhodo , dan didistribusikan oleh Toho. 
Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.