MASIGNALPHA102
2204480044298715660

5 Genre Anime yang Wajib di Ketahui

5 Genre Anime yang Wajib di Ketahui
Thursday, April 25, 2019

Di Indonesia kadang mind set yang tertanam pada masyarakat bahwa setiap film kartun atau animasi itu pasti buat anak-anak. Padahal tidak dalam dunia anime, banyak sekali genre yang hadir seperti layaknya dunia perfilman. Bahaya sekali jika kita tidak paham dan menyajikan nya untuk anak anak. Berikut adalah beberapa gerne anime yang penulis rangkum melalui berbagai sumber :

1. Kodomo
Kodomo, sesuai namanya, merupakan kategorisasi anime yang target penontonnya adalah anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan, yang usianya antara 6—11 tahun.
Fujiko
Anime ini biasanya berisi kisah sehari-hari anak-anak dengan tema kegiatan yang ramah anak. Biasanya, genre kodomo memberi perhatian terhadap kisah persahabatan dan keluarga. Contoh umum dari genre ini adalah Doraemon, Astroboy, dan Ninja Hatori.

2. Shounen
Genre in adalah yang paling banyak dikenal karena banyaknya anime dalam genre ini yang ditayangin di Indonesia pada era 1990-an. Namun, pada dasarnya, genre ini menargetkan penonton dan pembaca yang berusia antara 12 sampai 18 tahun.
Samurai X
Contoh dari genre ini adalah Dragon Ball, Naruto, Bleach, Hunter × Hunter, One Piece, Rurouni Kenshin, Yu Yu Hakusho, Inuyasha, dan Detective Conan.

3. Shoujo
Shounen adalah genre anime untuk cewek, shoujo nargetin cewek berusia 10—18 tahun. Biasanya, anime shoujo mengandung tema yang diangkat bisa beragam, mulai dari yang ringan seperti slice of life sampai fiksi ilmiah.
Card Captor Sakura
Contoh anime dari genre ini adalah Cardcaptor Sakura, Fruit Basket, Skip Beat!, Natsume Yuujinchou, dan Ouran High School Host Club. Meski begitu, beberapa anime dalam genre ini juga populer di kalangan anak-anak. Misalnya Tokyo Mew Mew dan Sailor Moon.

4. Seinen
Nah, untuk penonton yang lebih dewasa, ada juga, loh, animenya. Genre seinen ditargetin buat cowok dewasa berusia 20—30 tahun, bahkan bisa lebih tua lagi, sampai usia 40-an tahun. Genre ini punya gaya gambar yang bervariasi, mulai dari yang ringan sampai bergaya avant-garde.
Bedanya dari shounen selain usia adalah tema yang lebih berat dan unsur gore yang sering kali muncul. Seinen biasanya mengandung bertema aksi, politik, hubungan antarmanusia, dan olahraga. Enggak jarang, anime seinen mengandung konten seksual, baik secara eksplisit maupun implisit.
Akira
Contoh paling populer dari genre ini adalah Berserk, Akira, Ghost in the Shell, Neon Genesis Evangelion, Tokyo Ghoul, Inuyashiki, One Punch Man, dan Gantz. Uniknya, ada juga anime seinen yang sering disalahpahami sebagai anime shoujo. Misalnya K-On!, Non Non Biyori, Hidamari Sketch, dan Chobits.
Dalam hal publikasi manga di Jepang, genre seinen bisa dibedain dari shounen dengan melihat penggunaan furigana (cara baca aksara kanji yang dituliskan lewat hiragana) dalam teksnya. Jika setiap aksara kanji diberi furigana, manga tersebut dikategorikan dalam shounen. Kalau sebaliknya, manga tersebut masuk kategori seinen.

5. Josei
Genre untuk anime yang ditujukan buat cewek dewasa pun ada, loh. Namanya josei. Dalam bahasa Jepang, josei berarti cewek. Namun, dalam hal genre, josei menyasar cewek berusia 15-44 tahun.
Kisah dalam anime bergenre ini biasanya menyangkut kehidupan sehari-hari cewek di Jepang. Beberapa mengisahkan kehidupan sekolah, namun sebagian besar menyoroti kehidupan orang dewasa. Selain itu, meski bukan keharusan, anime josei biasanya menyoroti romansa karakternya dengan lebih realistis, jauh berbeda dengan yang biasanya ditemukan dalam anime shoujo.
Chihayafuru
Dalam hal penceritaan, genre ini memang cenderung lebih eksplisit dalam menunjukkan konten seksual buat konsumsi dewasa. Namun, enggak semuanya, kok. Ada juga josei yang ceritanya juara kayak Chihayafuru, Hachimitsu to Clover, dan Nodame Cantabile. Loveless juga jadi salah satu contoh populer dari genre ini. Dalam bidang publikasi manga, mangaka yang terkenal selalu bermain di genre ini adalah Erica Sakurazawa.
Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.

  1. Baru tau ada genre kodomo wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Semua genre w udah tahu kecuali josei. Semua genrenya w suka kecuali josei dan shoujo

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebernya saya ga begitu tahu gan...sekedar informasi aja...

      Delete
  3. Baru tahu juga kalau ada genre kodomo. Waktu kecil, apalagi hari minggu tuh suka mantengin rcti buat nonton doraemon wkwkwk.

    Chihayafuru juga suka, tapi baru nonton Live-Actionnya. Animenya belum nonton.

    ReplyDelete
  4. Kalau kodomo saya sedikit tahu lantaran sedari tahun 1990-an dijejali film Doraemon setiap pekan. Tapi, kalau yang lain malah baru tahu. Soalnya, bagi saya anime itu ya kartun. Ternyata, ada ragamnya pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pikir dulu juga anime/kartun itu pasti buat anak-anak, tapi ternyata buat dewasa juga...

      Delete
  5. Sejauh ini memang masih belum akrab dengan dunia anime, jadi butuh adaptasi dan juga pendalaman lebih lagi agar tambah ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal nonton dan nikmati saja gan anime yang disukai

      Delete
  6. Kalau Naruto Genre apa ya mas?? taunya sih anime doank,, kalau komik manga,, :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya masuk. shounen gan...saya juga ga hafal. semua gan .. he

      Delete
  7. Saya paling suka genre Shounen, ceritanya menurut saya gak terlalu romantis dan actionya banyak,,,, kbetulan saya gk begitu suka anime romantir, jadi baper,, wkwkw :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu...bahaya terjebak anime romantis tapi baper...soalnya cerita diawal memang bagus, jadi penasaran dan akhirnya mewek...hehe

      Delete
    2. iya om, susah klo baper gara2 anime mah, kadang ceritanya belibet2,makin lama makin baper, apalgi klo Animenya pake tambahan ekspresi2 lucu, wkwkwwk

      Delete
  8. wahhh kodomo saya kira pasta gigi buat anak anak itu yaa, ternyata ada anime nya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. dulu saya juga mikir nya gitu...

      Delete
  9. Ooh... Ternyata anime itu punya sebutan genre-nya masing-masing ya Kak, biasanya aku tahunya sih ya genre anak-anak, remaja, dan dewasa.
    Hehe...
    Aku paling suka nonton Doraeman dan Samurai X. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka doraemon sama samurai x mbak...
      kalau genre dewasa masih ada turunannya lagi mbak kayaknya...

      Delete
  10. Jos banget, saya dulu termasuk penggemar shounen yak, secara jaman shounen mag sama shounen star, wkwkwk
    ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman dulu, baca komik masih ngerental mbak...baca majalah animonster juga ngerental...he

      Delete
  11. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. GELO

      Mongngomong. Semasa kecil aku suka serial Card Captor Sakura.
      Kartun yang masih saya suka ada dua yaitu Yugioh dan Hunter X Hunter.
      Kita masih menunggu HXH Dark Continent.

      Delete