MASIGNALPHA102
2204480044298715660

Inkscape Software Pengolah Vektor Powerfull Menggantikan Corel Draw

Inkscape Software Pengolah Vektor Powerfull Menggantikan Corel Draw
Monday, April 1, 2019
Semenjak menggunakan linux, penulis mau tidak mau harus jauh-jauh dengan software untuk Windows. Yang paling sulit adalah berpisah dari Corel Draw, selain karena beda sistem operasi penulis sudah tidak  bisa menggunakan full lagi.
Dan pengolahan gambar vektor terbaik yang bisa digunakan pada Linux Mint adalah Inkscape. Inkscape adalah sebuah software editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Sofware ini bersifat gratis, jadi kita bebas menggunakannya. Inkscape juga tersedia untuk Mac OS, Linux dan Windows.

Inkscape juga tersedia di windows, teman-teman bisa mencobanya jika tertarik menggunakannya. Lansung saja download disini.



Beruntung di Linux Mint sudah tersedia di Pengolahan Perangkat Lunaknya, bagi teman-teman yang alergi dengan terminal linux jadi tidak perlu khawatir. Kita bisa langsung mendownloadnya di pengolahan perangkat lunaknya linux mint.
Tampilan Inscape dalam pengolahan perangkat lunak linux mint
Awal menggunakan Inkscape, penulis dihadapkan dengan halaman yang sudah sangat ramah, mirip sekali dengan Corel Draw. Namun dalam penggunaannya penulis mengalami kesulitan, karena perbedaan yang signifikan dari Corel Draw.

Penulis sempat kesal dan berhenti. Loh kan ada tutorialnya?
Sepertinya malas membaca itu adalah penyakit hampir kebanyakan orang Indonesia. Sepertinya tidak termasuk teman-teman blogger disini ya. Akhirnya learning by doing aja, dan ini cara yang paling efektif. 
Contoh banner blog partner monstanima dengan inkscape
Saat ini penulis hampir bisa menggunakan nya sekedar untuk menggambar objek-objek sederhana saja. Untuk tool-tool dalam inkscape sangat mirip dengan corel, yang membedakan hanya icon dan penempatannya saja. Jika teman-teman pertama kali menggunakannya pasti akan sangat kebingungan seperti penulis. Akan tetapi lama kelamaan akan mulai terbiasa, dan untuk pengguna corel draw pasti sangat mudah untuk beradaptasi.

Kesimpulan :

  • Penulis sangat merekomendasikan Inkscape, karena hampir semua apa yang bisa kita lakukan di Corel draw, mampu dilakukan oleh software ini. Dan ada beberapa kelebihan yang penulis sendiri sulit untuk menjelaskan.
  • Penulis sangat merekomendasikan Inkscape untuk pengguna corel draw yang ingin migrasi dan mencoba tantangan baru.
  • Penulis sangat merekomendasikan Inkscape bagi pemburu serial number dan crack nya corel draw. Dengan menggunakan software yang resmi kita bisa belajar menghargai jerih payah orang lain, apalagi inkscape full gratis.

Demikian ulasan penulis mengenai Inkscape Software Pengolah Vektor Powerfull Menggantikan Corel Draw. Nampaknya penulis masih akan berlama-lama dengan linux mint, karena semua yang penulis butuhkan sejauh ini, sistem operasi ini mampu memberikannya. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Silahkan komen sesuai topik, berbicaralah dengan sopan,... terimaksih sudah berkunjung.

  1. Menarik nih. Sejauh ini masih pakai Corel buat desain.

    ReplyDelete
  2. Apakah lebih friendly dari corel?? (kalo buat pemula)

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena terbiasa Corel ya nyaman corel gan...tapi kita belajar pelan2, lama-lama terbiasa juga...

      Delete
  3. Krn belum terbiasa kali iya. Masih lebih enak pakai CorelDRAW Gan. Ane sdh coba install beberapa hari yg lalu. Masih aja belum srek Gan. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang agak sulit gan, buat adaptasi nya, saya aja sempet gedeg...he

      Delete
  4. Review yang sangat baik dan lengkap. Apakah menurut penulis, inkspace lebih user-friendly daripada corel? Lalu hasil editnya apakah sudah bisa di-save dalam berbagai format?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk user friendy jelas corel, tapi inkscape lebih baik karena full gratis, hasil editan bisa disave berbagai format gan...

      Delete
  5. wah baru tau ini, klw aplikasi ini seprti halnya dengan corel meskipun nda persis, tapi saya lebih sering pake adobe illustrator klw lagi design hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pakai adobe... saya yang ringan - ringan aja gan...

      Delete
  6. Wah bagus sekali aplikasi nya... Rekomendasi banget...

    ReplyDelete
  7. Salah satu software terbaik pengganti Adobe Illustrator. Fiturnya gak kalah, udah gitu gratis pula. Mantab ini~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, bener-bener bisa menggantikan corel draw...

      Delete
  8. Saya pernah mencoba corel draw, tampak sulit sekali. Mungkin karena sudah terbiasa dengan photosho[e. Ternyata ada yang baru lagi inkscape.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sudah lama gan...saya juga baru coba...

      Delete
  9. kok sy lihat hasilnya biasa aja ya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang gambar juga biasa aja gan skill nya... wkwk

      Delete
  10. saya nggak tahu make corel mudah-mudahan ini bisa menggantikan ya sob , oh iya komentar blog saya ada disitu klik lihat komentar

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan...
      di biasakannsaja gan.. lama lama bisa

      Delete
  11. wah bagus juga nih software nya, bisa gantikan excel kalau lagi eror ya gan, makasih banyak gan informasinya ;)

    ReplyDelete
  12. Tahun 2008-2010 awal saya berkenalan dengan Linux & sering dapat kiriman kepingan DVD Linux. Menurut saya, Linux cukup friendly ya, tapi memang perlu adaptasi dulu agar terbiasa dan aku baru tahu ada aplikasi ini.
    Menurut saya perkembangan Linux termasuk cepat.

    Btw, apakah aplikasi ini juga ringan? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup ringan dan resposif gan, saya cuma pakai intel celeron ram 2giga...

      Delete
  13. kalau saya sih masih setia sama corel gan, dan OS nya juga masih setia sama Microsoft.tapi menarik juga untuk dicoba di pc ane satu lagi gan.

    salam www.teknlogivirals.online

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai Linux karena memang dah cape sama Windows bajakan gan...Software nya semua bajakan, terus laptop sudah mulai lemot...

      Delete
  14. Saya dari jaman kuliah sudah pake inkscape. disamping sizenya yang lumayan kecil, fungsi utamanya sudah cukup memuaskanlah untuk membuat desain grafis seperti corel draw ataupun ilustrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru mulai beralih gan... semenjak Windows sudah mulai ribet...
      sekarang pakai Linux...

      Delete